Gambar: Tempo.co

Bekerja dari rumah beberapa minggu ini membuat Anda memungkinkan untuk menikmati tidur siang. Namun rasa kantuk sering datang setelah makan siang membuat sebagian orang menghindari tidur siang karena dianggap dapat menaikkan berat badan.

Sebenarnya perasaan kantuk yang terjadi antara jam 1 siang hingga jam 3 sore merupakan proses penurunan kewaspadaan alami yang terjadi pada tubuh Anda. Jika Anda dapat meluangkan waktu untuk tidur siang, ini akan membantu mengingkatkan funsi kognitif, memori jangka pendek dan suasana hati.

Tidur siang yang disarankan adalah seAndar 90 menit. Tubuh Anda akan melewati tidur nyenyak selama 60 menit dan tidur ringan seAndar 30 menit. Ketika bangun, tubuh menjadi segar dan lebih waspada. Namun jika tidak memiliki waktu yang banyak, Anda dapat tidur selama 10-15 menit. Meski tubuh tidak tertidur, pikiran akan menjadi segar.
Selain itu, tidur di siang hari lebih baik karena dapat membantu meremajakan tubuh daripada waktu yang lebih sore. Usahakan untuk tidak tidur lebih dari 90 menit, kemungkinan besar Anda akan terbangun dengan perasaan lemas, mengantuk dan mood yang tidak enak.

Terkait dengan kekhawatiran bahwa tidur siang dapat menaikkan berat badan, yang harus dihindari adalah tidur di saat perut terisi penuh. Ini karena proses pembakaran dalam tubuh menjadi minimal saat Anda tidur. Karenanya usahakan untuk menjaga jarak 1 hingga 2 jam antara makan siang dan tidur siang Anda. Jadi tubuh mendapat cukup waktu untuk mencerna makanan dan membakar lemak tanpa sempat tersimpan di dalam tubuh.

Sumber: Tempo.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here