Gambar: Kompas

Sejak ditemukannya kasus kematian akibat inveksi virus corona di Daegu, Korea, kota itu berubah seperti kota mati. Kegiatan lalu lintas sepi, pertokoan, mall, bioskop tutup dan hanya terlihat segelintir orang lalu lalang memakai masker.
Beberapa konser bintang K-Pop termasuk BTS yang sudah dijadwalkan bulan Maret nanti terpaksa ditunda.

Seperti “kota hantu” demikian kesannya setelah Wali Kota Daegu, Kwon Young-Jin menghimbau penduduknya mengisolasi diri di rumah. “Kami berada dalam krisis yang belum pernah ada sebelumnya,” kata Kwon Young-Jin. Pemerintah kota juga memerintahkan penutupan sekolah dan perpustakaan umum kota tersebut.

Sekitar 80 persen kasus virus corona di Korea Selatan berasal dari Kota Daegu. Kasusu pertama inveksi virus corona di kota ini dikaitkan dengan seorang wanita berumur 61 tahun yang bekerja di gereja kota.

Wanita tersebut terserang demam pertama kali pada 10 Februari 2020 dan merasa tidak perlu diperiksa dengan alasan tidak bepergian ke luar negeri akhir-akhir ini.
Pihak gereja menyesalkan anggotanya yang menolak diperiksa karena menganggap tidak bepergian keluar negeri sehingga menyebabkan penularan besar pada anggota gereja lainnya, seperti yang dilansir Guardian pada Kamis 20 Februari kemarin.

Hingga saat ini virus corona telah menginveksi sekitar 76,718 orang dan menyebabkan 2,247 kasus kematian.

Sumber: Kompas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here