RS Pertamina yang mulai beroperasi pada Jumat (10/4/2020) memiliki fasilitas robot untuk menangani pasien terjangkit virus corona.

Robot ini bisa mengurangi kontak langsung antar para tenaga medis dan pasien terdampak corona. diketahui para tenaga medis banyak yang telah gugur akibat tertular virus corona akibat kontak langsung

Seluruh ruang perawatan juga telah dilengkapi dengan teknologi bertekanan udara negatif yang mampu menyaring kandungan udara di dalam ruang isolasi menjadi kandungan normal sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan sekitar.

Selain ruang rawat juga telah disiapkan laboratorium yang bisa menampung seribu tiga ratus sampel setiap harinya.

Berbeda dengan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet yang merawat pasien PDP dengan gejala ringan, Rumah Sakit Pertamina Jaya akan fokus merawat pasien rujukan PDP covid-19 yang memiliki gejala sedang hingga berat.

Sekitar tujuh ratus tenaga medis tambahan seperti perawat khusus ICU dan dokter spesialis didatangkan untuk merawat pasien yang datang dalam kondisi berat.

Selain di Jakarta, Rumah Sakit Darurat Corona di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, mulai beroperasi hari Senin ini.

Meski demikian, Rumah Sakit belum bisa menerima pasien, karena masih harus menguji fungsi beragam peralatan medis.

Rumah Sakit Darurat Pulau Galang Batam, terdiri dari 380 ruang rawat, masing-masing untuk orang tanpa gejala, pasien dengan pengawasan, dan pasien positif corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here