Wisata Karanganyar Tempat Lahir Ganjar Pranowo

0
4


Jakarta – Tempat kelahiran Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Karanganyar, Jawa Tengah memiliki begitu banyak pesona wisata yang indah dan menarik hati para wisatawan. 

Kabupaten Karanganyar ini berlokasi dekat dengan kota Surakarta atau yang dikenal dengan Kota Solo. Memang yang menjadi andalan wisata di daerah itu adalah pesona alamnya yang memukau. 

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah wisata di Karanganyar yang sangat populer dan wajib dikunjungi. 

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu di KaranganyarAir Terjun Grojogan Sewu, salah satu wisata di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Foto: Instagram/@ariswant)

Grojogan sewu ini terletak tepat di bawah lereng kaki Gunung Lawu yang lokasinya berada di kalisoro, tawangmangu, Karanganyar. 

Akses untuk menuju lokasi wisata ini cukup mudah, yaitu hanya perlu menyusuri anak tangga. Jika dihitung sebanyak kurang lebih 1.250 buah anak tangga yang sudah dibuat khusus untuk memudahkan pejalan kaki.   

Ketika menyusuri anak tangga, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan hutan. Kondisi alam yang ada di daerah grojokan sewu ini masih dalam kawasan cagar budaya, sehingga tanamannya tumbuh liar, layaknya berada di hutan dan satwa di sana hidup secara liar. 

Satwa yang banyak dijumpai di cagar budaya tersebut, yaitu kera. Jadi tak heran, hewan ini sering sekali merampas tas wisatawan yang datang ke lokasi wisata itu. Melihat hal tersebut, Anda disarankan untuk berhati-hati menjaga barang. 

Keindahan air terjun ini pastinya akan memanjakan mata dan menenangkan pikiran kamu, karena kesejukan alamnya yang sangat memesona. Jadi, mengunjungi wisata ini tentu kamu tidak akan menyesalinya. 

2. Candi Cetho

Candi Cetho di KaranganyarCandi Cetho, wisata di Karanganyar, Jawa Tengah. (Foto: mytrip123.com)

Candi yang berada di Desa Gumeng, Kabupaten Karanganyar ini  juga sebagai salah satu wisata yang diminati oleh para pengunjung. 

Objek wisata ini merupakan candi peninggalan dari agama hindu pada saat masa kejayaan kerajaan majapahit. Ada yang unik dari tempat ini, yaitu terdapat petilasan Ki Ageng Krinciwesi yang menjadi sebuah ikon dari leluhur desa cetho tersebut. 

Selain itu, yang juga menjadi perhatian pengunjung ketika sudah berada di lokasi, yaitu patung menyerupai alat kelamin laki-laki atau biasa disebut dengan kalacakra dan disusun dari sebelas pundak bangunan yang sangat  indah dan masih dipertahankan keunikan sejarahnya.

3. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog di KaranganyarAir Terjun Jumog, wisata di Karanganyar, Jawa Tengah. (Foto: Instagram/@
indoflashlight)

Air terjun ini memang masih tergolong baru dibandingkan Grojogan Sewu, karena belum banyak wisatawan yang mengunjungi daerah ini. Namun, keindahan dan kelestarian alamnya masih asri dan terjaga. 

Akses menuju air terjun tersebut tidak terlalu jauh, hanya perlu menuruni anak tangga yang tidak terlalu banyak serta melewati jembatan. 

Suasana kesejukan lereng gunung Lawu sangat terasa, sehingga kamu akan merasakan ketenangan sambil menikmati kesegaran alam yang disuguhkan.  

Berlibur ke objek wisata tersebut, tentu tidak membuat kamu menyesal. Tetapi, justru wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan betah berlama-lama menghabiskan waktu di sana. 

4. Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning di KaranganyarKebun Teh Kemuning, wisata yang ada di Karanganyar, Jawa Tengah. (Foto: suryahardhiyana.com)

Wisata yang satu ini juga tidak akan kalah dengan yang ada di tempat lain. Di sana kamu akan disajikan dengan hamparan tumbuhan teh yang telah menyatu dengan kesegaran alam di sekitarnya. 

Wisata ini memang sangat cocok untuk menenangkan pikiran dari segala rutinitas sehari-hari. Lokasi perkebunan ini sangat menyenangkan karena berdekatan dengan beberapa objek wisata lainnya yang ada di Karanganyar, seperti candi dan air terjun. 

Manfaatkan waktu liburan Anda ke kebun teh yang satu ini, karena tempat ini menjanjikan segudang keindahan alam yang sangat memikat hati. Sehingga, membuat kamu semakin jatuh cinta dengan keadaan yang ada di sekitar wisata tersebut. 

5. Tubing Goasari Ngargoyoso

Tubing Goasari Ngargoyoso di KaranganyarTubing Goasari Ngargoyoso, Wisata yang ada di Karanganyar, Jawa Tengah. (Foto: Instagram/@goasaria)

Tubing merupakan sebuah permainan menelusuri sungai dengan menggunakan ban. Sekilas permainan ini mirip dengan rafting dengan memakai helm dan jaket pelampung sebagai pengamannya. 

Permainan ini dapat Anda temukan di Desa Punthukrejo, Karanganyar. Tempat ini banyak disukai oleh wisatawan, terutama remaja dan dewasa. Dengan biaya yang murah, kamu sudah dapat menikmati sungai nan bersih dan pemandangan sejuk bebatuan pegunungan.

Wisata Tubing atau river tubing tersebut memang suatu kegiatan meluncur bebas di atas permukaan sungai dengan arus air yang cukup deras dan medan yang berliku serta memiliki beragam jeram.

Bukan hanya itu, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan di sekitar lokasi wisata tersebut, yang tentu menarik hati para pengunjungnya. Dengan suasana yang segar dan sejuk, ditambah nuansa perbukitan yang membuat kamu akan semakin betah berada di tempat itu. []

Baca juga:





>>Artikel Asli<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here