Mendagri: Stabilitas Politik dan Keamanan Kunci Indonesia Maju

0
4


Oleh: Ahmad ZR

Mataraminside.com, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menuturkan, dalam menunjang Indonesia menjadi negara maju di 2045, stabilitas politik dan keamanan menjadi kunci penting yang tak dapat dilepaskan. Ini merupakan salah satu indikator utama dalam memperkuat ekonomi sebagai fondasi.

“Sepanjang tidak terjadi konflik di antara kita maka akan aman saja, ini menjadi persyaratan yang paling penting,” kata Tito di Jakarta, Jumat (8/11).

Tito menegaskan, hal ini akan mudah diwujudkan dengan kekuatan SDM yang berkualitas. Oleh karena itu, ia mendorong untuk membuat program-program yang dapat meningkatkan kapasitas SDM.

“Kita menghadapi bonus demografi yang besar, kalau dimanfaatkan maka kita akan memiliki SDM yang berkualitas,” tuturnya.

Tak hanya berkaitan dengan SDM unggul yang berkualitas, ia juga menekankan asas Pancasila dalam pembangunan SDM. Menurutnya, Pancasila dapat menjadi border agar SDM dan demokrasi di Indonesia tak menjadi bebas.

“Adanya BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila), empat pilar oleh MPR, program tepat sasaran dalam rangka untuk menguatkan kembali termasuk regulasi yang dibatasi berdasarkan lima sila yang ada, sehingga tidak terlalu liberal atau bebas,” katanya.

Ia menambahkan,di tahun 2045 negara Indonesia akan menjadi negara keempat kekuatan ekonomi di dunia di bawah Cina, USA, India, dan Indonesia keempat. Ini didukung oleh tiga syarat, yakni angkatan kerja yang besar, SDA yang melimpah, dan memiliki luas wilayah yang besar untuk mengakomodir mesin produksi. (Aza/Shn)



>>Artikel Asli<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here